Siapkan Siswa/i Hadapi Ujian Akhir, SMPN 17 Kota Beri Les Tambahan

Kota Kupang, Suara Flobamora.Com – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 17 Kota Kupang bakal memberikan Les Tambahan kepada siswa/i kelas 9 (sembilan) untuk persiapan menghadapi ujian akhir tahun ajaran 2023/2024.

Demikian dikatakan Kepala UPTD SMPN 17 Kota Kupang, Yucindius Darma, S.Pd kepada wartawan pada Selasa  (7/12/2023).

“Untuk mempersiapkan siswa/i Kelas 9 dalam menghadapi ujian akhir, kami telah melakukan koordinasi para guru untuk memberikan Les Tambahan bagi siswa/i kelas 9,” ujar Kepsek Darma.

Menurut Darma, Les Tambahan tersebut sesuai rencana akan dilaksanakan pada awal Februari 2024. “Les Tambahan itu akan dilaksanakan pada awal Bulan Februari 2024,” tuturnya.

Darma menjelaskan, Les Tambahan tersebut akan dilaksanakan  usai jam belajar sekolah. ”Siswa/i akan diberi Les Tambahan setelah pulang sekolah. Dari jam 1 siang hingga jam 3,” tuturnya.

Karena itu, lanjut Darma, pihaknya telah menyampaikan kepada orangtua siswa/i agar dapat menyiapkan bekal/makan siang. Dengan begitu siswa/i bisa langsung mengikuti Les Tambahan usai jam sekolah,” paparnya.

Kebijakan tersebut diambil pihak sekolah, paparnya, agar peserta didik tidak harus bolak-balik dari sekolah ke rumah. “Sehingga siswa bisa konsentrasi  mengikuti les tanpa harus bolak-balik rumah dan sekolah karena akan menghabiskan waktu dan tenaga. Apalagi ada siswa yang rumahnya cukup jauh dari sekolah,” jelas Darma.

Darma mengatakan, ada 2 rombongan belajar/kelas siswa/i kelas 9 yang akan mengikuti ujian akhir. “Kelas 9 ada 2 Kelas. Jumlah peserta ujian akhir ada 30 orang siswa/i,” rincinya.

Mengensi ujian online, menurut Darma, pihaknya masih menunggu arahan dari Dinas Pendidikan Kota Kupang. “Kami masih menunggu arahan Dinas seperti apa? Kami akan laksanakan sesuai arahan dan petunjuk,” ujarnya sigap.

Darma juga meminta partisipasi orangtua siswa dalam mempersiapkan siswa/i dalam menghadapi ujian akhir sekolah. “Selain Les Tambahan, kami juga harapkan peran aktif orangtua untuk memperhatikan anak agar setiap hari ada waktu 1-2 jam untuk belajar di rumah,” harapnya.

Hal itu, kata Darma, harus menjadi perhatian orangtua agar anaknya bisa memperoleh nilai akhir yang tinggi. “Jadi siswa/i tidak sekedar lulus dari sekolah tapi juga memperoleh nilai akhir yang tinggi agar dapat melanjutkan ke SLTA atau SMK yang diinginkan,” tandasnya.

Kepada siswa/i kelas 9, ia berpesan agar tetap menjaga kesehatan. “Selain tekun belajar, siswa/i harus jaga kesehatan. Makan teratur, cukup istirahat dan olah raga agar tetap sehat,” pintanya.

Untuk diketahui, SMPN 27 terletak di Kelurahan Naioni, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Provinsi NTT.

Berdasarkan data yang dihimpun tim media ini, SMPN 27 Kota Kupang didirikan pada tanggal 15 Oktober ,2093 berdasarkan SK Operasional 274/KEP/PHK. Jumlah guru di SMPN 17 Kota Kupang sebanyak 20 orang.

Jumlah siswa sebanyak 177 orang. Siswa Laki-laki sebanyak: 93 orang. Sedangkan Siswa Perempuan sebanyak l: 84. Jumlah tersebut terbagi dalam 6 Rombongan Belajar. Proses belajar mengajar dilakukan pada pagi hingga siang selama 6 hari (Senin-Sabtu).

Sekolah ini menggunakan Sumber Listrik : PLN dengan Daya Listrik : 2,194 kwh. SMPN 17 dibangun di atas tanah seluas : 6,000 M². Memiliki 12 Ruang Kelas dan 1 Laboratorium. Namun sekolah ini tidak memiliki Perpustakaan dan fadilitas Sanitasi Siswa. (tim)

Komentar Anda?