Pada 12 Juli 2024, Bank NTT Akan Memasuki Usianya Yang Ke-62 Tahun, Berikut Perkembangannya

Suaraflobamora.com, KUPANG – Tanggal 12 Juli 2024 mendatang, Bank NTT akan berulang tahun ke-62. Memasuki usianya yang ke-62, ada sejumlah perkembangan signifikan yang dialami bank NTT. Hal ini berkat kerjasama dan dukungan seluruh pihak yang mencintai bank NTT.

Pertama, Bank NTT terus melakukan perbaikan dan inovasi dalam pengelolaan operasional, seperti melakukan pelatihan karyawan, menerapkan teknologi sistem informasi yang real-time dan online, menyempurnakan sistem dan prosedur operasional, dan menerapkan prinsip-prinsip perbankan yang sehat.

Walau ditengah pandemi Covid-19, tahun 2021 Bank NTT masih tetap bertumbuh, walaupun di tengah tantangan Pandemi Covid-19, Bank NTT mampu mencatatkan kinerja keuangan yang positif, dengan indikator jumlah aset mencapai Rp16 Triliun, DPK Rp 12.7 Triliun, Giro Rp 2.3 Triliun, Tabungan Rp 3.9 Triliun, Deposito Rp 6.5 Triliun, Kredit Rp 11 Triliun, LDR Rp 87.69 persen dan Laba sebelum pajak Rp 321 milyar.

Kedua, Bank NTT meluncurkan beberapa program strategis di tahun 2021 yaitu melakukan re-branding layanan smart branch di dua kantor cabang, yaitu di KCU dan KCK; meluncurkan aplikasi B-Pung Mobile Bank NTT dengan beragam fitur layanan, seperti bayar tagihan, Virtual Account, Pickup Service, belanja online, tarik tunai tanpa kartu, beli pulsa HP dan listrik, data lokasi ATM terdekat, pay QRIS, transfer, portofolio; meluncurkan dua fitur pada aplikasi B – Pong Mobile, yaitu, online on Boarding, Be-pinjam, Kredit Merdeka; dan mengembangkan layanan delivery Chanel pada mesin EDC Bank NTT yang digunakan untuk melakukan transaksi tidak hanya transaksi menggunakan debit GPN tetapi bertransaksi menggunakan kartu debit/kartu kredit berlogo Visa/Mastercard pada mesin EDC Bank NTT.

Ketiga, Bank NTT juga menawarkan berbagai produk dan layanan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik nasabahnya. Beberapa produk dan layanan keuangan Bank NTT adalah sebagai berikut:

1)Produk simpanan, yaitu produk yang memberikan fasilitas penyimpanan dana kepada nasabah dengan imbal hasil berupa bunga. Produk simpanan Bank NTT meliputi: giro, tabungan, deposito, dan tabungan pesiar.

Giro adalah produk simpanan yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan, seperti transfer, pembayaran, dan penarikan tunai.

Tabungan adalah produk simpanan yang memberikan manfaat berupa bunga dan asuransi jiwa gratis.

Deposito adalah produk simpanan yang memberikan bunga lebih tinggi dari tabungan dengan jangka waktu tertentu. Tabungan pesiar adalah produk simpanan yang memberikan kesempatan kepada nasabah untuk mengikuti program ibadah suci, travelling keliling dunia, atau pendidikan anak dengan cara menabung secara berkala.

2)Produk kredit, yaitu produk yang memberikan fasilitas pinjaman dana kepada nasabah dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Produk kredit Bank NTT meliputi: kredit korporasi, kredit ritel, kredit mikro, kredit konsumsi, kredit kendaraan bermotor, kredit merdeka, dan kredit PUM dan POSCA.

Kredit korporasi adalah produk kredit yang diberikan kepada badan usaha, baik swasta maupun pemerintah, untuk membiayai kegiatan usaha, investasi, atau modal kerja. Kredit ritel adalah produk kredit yang diberikan kepada perorangan atau kelompok untuk membiayai kebutuhan konsumtif atau produktif.

Kredit mikro adalah produk kredit yang diberikan kepada usaha mikro adalah produk kredit yang diberikan kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk membiayai modal kerja atau investasi. Kredit konsumsi adalah produk kredit yang diberikan kepada perorangan untuk membiayai kebutuhan konsumtif, seperti pembelian rumah, kendaraan, atau barang elektronik.

Kredit kendaraan bermotor adalah produk kredit yang diberikan kepada perorangan untuk membiayai pembelian kendaraan bermotor, baik baru maupun bekas. Kredit merdeka adalah produk kredit yang diberikan kepada perorangan dengan bunga 0% dan tanpa agunan. Kredit PUM dan POSCA adalah produk kredit yang diberikan kepada pelaku usaha mikro dan pedagang kaki lima dengan bunga rendah dan tanpa agunan.

Produk layanan, yaitu produk yang memberikan fasilitas layanan perbankan kepada nasabah, baik secara konvensional maupun digital. Produk layanan Bank NTT meliputi: ATM, EDC, mobile banking, internet banking, SMS banking, call center, pickup service, dan QRIS. ATM adalah produk layanan yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan, seperti tarik tunai, setor tunai, transfer, pembayaran, dan cek saldo. EDC adalah produk layanan yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan kartu debit atau kredit.

Mobile banking adalah produk layanan yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan melalui aplikasi B-Pung Mobile Bank NTT di smartphone. Internet banking adalah produk layanan yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan melalui website Bank NTT di komputer atau laptop. SMS banking adalah produk layanan yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan melalui pesan singkat (SMS) di handphone.

Call center adalah produk layanan yang memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi atau bantuan perbankan melalui telepon. Pickup service adalah produk layanan yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi setor tunai atau tarik tunai tanpa harus datang ke kantor cabang atau ATM. QRIS adalah produk layanan yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan kode QR (quick response) melalui aplikasi B-Pung Mobile Bank NTT.

Itulah sejarah, perkembangan, dan produk-layanan Bank NTT yang dapat kami sampaikan dalam artikel ini. Kami berharap artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang Bank NTT. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan hubungi kami melalui email, telepon, atau media sosial. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Sumber: /www.mediaperbankan.com

Komentar Anda?