KPA Kota Kupang Lakukan Konseling dan Test Untuk Cegah Penyebaran HIV/ AIDS

  • Bagikan

Kota Kupang, Suara Flobamora.Com – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Kupang melaksanakan kegiatan sosialisasi dan voluntary counselling and testing atau layanan konseling dan tes HIV&AIDS pada sejumlah wilayah di Kota Kupang, untuk mencegah penyebaran dan meningkatnya kasus HIV&AIDS di Kota Kupang.

Hal ini disampaikan Sekretaris KPA Kota Kupang Yos Rera Beka kepada wartawan di Kupang pada Senin (14/11/2022).

“Temuan lapangan KPA Kota Kupang diantaranya terlaksananya kegiatan sosialisasi dan mobile VCT di WPA dengan dukungan swadaya disejumlah tempat diantaranya WPA Maulafa. Disana kita lakukan kegiatan sosialisasi dan mobile VCT di 3 (tiga) Posyandu yang diikuti sebanyak 81 orang dengan temuan kasus HIV 1 kasus. Setelah itu dirujuk lebih lanjut ke VCT Seroja RST Wirasakti. Sosialisasi juga dilaksanakan bagi remaja SMA N 7 Kupang diikuti sebanyak 60 orang,” jelasnya.

Yos Rera Beka mengungkapkan, kegiatan sosialisasi dan VCT juga dilakukan di WPA NunBaun Sabu bagi remaja SMP dan SMA di Gereja Bukit Hermon. Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 orang.

Baca Juga :  Herman Man Pantau Jalannya Operasi Prokasih

“Kami juga lakukan di WPA Oesapa melalukan sosialisasi bagi mahasiswa yang magang sebanyak 30 orang. Dan, WPA Oesapa Barat, kegiatan sosialisasi dan mobile VCT di ibu hamil dan ibu menyusui sebanyak 15 orang. Juga WPA Nun Leu, kegiatan sosialisasi diikuti sebanyak 14 orang dan mobile VCT diikuti sebanyak 7 orang, dengan temuan 1 kasus,” beber Rera Beka.

Selain itu, lanjutnya,, KPA Kota Kupang juga melaksanakan Kegiatan Sero Survei bersama Dinas Kesehatan Kota Kupang di Bar dan Karaoke, dengan target responden 250 orang. “Hasil pelaksnaan sero survey didapat 1 (satu) orang positif dan  harus melakukan tes lanjutan ke VCT Seroja. Hasil tes lanjutan adalah Negatif, sehingga seluruh sampel Negatif artinya tidak ada temuan kasus baru,” urainya.

  • Bagikan