Kasus Dugaan Pemalsuan Surat Penyerahan Hak Atas Tanah 75 Hektare di Batuplat oleh YEB Telah Diekpose Polres Kupang Kota

  • Bagikan

Kota Kupang, Suara Flobamora Com – Kepolisian Resort (Polres) Kupang Kota telah melakukan Ekspose (Gelar Perkara, red) Kasus Dugaan Pemalsuan Surat Penyerahan Hak (Surat Kuasa, red) atas tanah warisan keluarga Foes seluas 75 hektar oleh Terlapor YEB di Kelurahan Batuplat dari alm. Frans Foes kepada alm. Cornelis Billik.

Demikian disampaikan Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto melalui Penyidik, Leo Rihi kepada pelapor, Alexi Aleksander Simson Taloik dan keluarga. Pelapor menemui penyidik Polres Kupang Kota untuk menyanyakan perkembangan proses hukum kasus tersebut di ruang Penyidik Mapolres Kupang Kota pada Kamis (19/1/2023).

“Sekitar dua hari yang lalu kami sudah gelar perkara ini. Saran dari peserta gelar perkara bahwa perlu dilakukan perbandingan sehingga diperlukan data pembanding,” jelas Leo Rihi kepada pelapor dan keluarganya.

Menurut Penyidik Leo, pihaknya mengalami kendala karena tidak ada Surat Penyerahan Asli yang dimiliki oleh Terlapor, YEB. “Kendala kami di surat yang asli, sehingga kami akan berkoordinasi, apakah surat (penyerahan Hak, red) foto copy tersebut bisa diuji atau tidak,” jelas Leo.

Baca Juga :  Webinar dengan KPK, Ori dan Tobi Tandatangani Pakta Integritas Cakada

Untuk membuktikan surat Penyerahan Hak tersebut palsu atau tidak, jelas Leo, pihaknya akan ke Kantor Camatan dan Kelurahan untuk melakukan konfirmasi. “Kami juga akan ke Kecamatan Kupang Barat dan Kelurahan Batuplat untuk konfirmasi mungkin nanti bisa dapat data-data terkait surat ini karena yang pasti biasanya ada arsip,” paparnya.

Menurut Leo, ia telah mengecek keberadaan surat Penyerahan Hak (yang diduga palsu, red) itu ke Pengadilan Negeri (PN) Kupang. “Saya sudah cek surat yang asli di Pengadilan juga tidak ada, yang ada disana hanya foto copy juga,” tutupnya.

Sementara itu, dihadapan Penyidik, pelapor Alexi Aleksander Simson Taloik, mempertanyakan apakah selembar surat foto copy dapat dijadikan alat bukti di pengadilan sehingga terlapor menang perkara dan mengeksekusi rumahnya dan keluarganya?

  • Bagikan