Jadi Tuan Rumah, Pemkot Kupang Siap Sambut Peserta Raker Komwil IV APEKSI

  • Bagikan

Kupang, Suara Flobamora.Com – Kota Kupang didaulat sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja Komisaris Wilayah (Komwil) IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Ke- 17 Tahun 2022. Pemkot Kupang telah siap menyambut para peserta, yakni para Walikota, Sekda dan jajarannya.

Rangkaian kegiatan yang diagendakan berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 21-23 Juni 2022 mendatang, akan dihadiri lebih dari 239 peserta yang terdiri dari para Walikota, Wakil Walikota, Sekda, Asisten, Kepala Bagian, Camat dan Lurah yang berasal dari 13 Kota yang tergabung dalam Komisariat Wilayah IV APEKSI yaitu dari Kota Bogor, Kota Kediri, Kota Batu, Kota Surabaya, Kota Blitar, Kota Mojokerto, Kota Probolinggo, Kota Mataram, Kota Madiun, Kota Pasuruan, Kota Denpasar, Kota Malang dan Kota Bima.

APEKSI merupakan organisasi bagi seluruh Pemerintah Kota Indonesia yang terbentuk sejak 25 Mei 2000 yang mengusung visi sebagai organisasi strategis untuk pemberdayaan kota-kota dalam rangka pelaksanaan otonomi di Indonesia, dan dengan misi berusaha untuk menjadi organisasi terpercaya, profesional di bidang perkotaan dalam mendukung dan melaksanakan upaya terbaik bagi pemerintahan kota melalui pembangunan yang demokratis, transparan, otonomi yang bertanggung jawab.

Baca Juga :  BBKSDA NTT Gelar Aksi Bersih Sampah di TWA Oenaek Camplong

Ada 98 Kota se-Indonesia yang tergabung didalam *APEKSI* dan terbagi dalam 6 Komisariat Wilayah, dimana Kota Kupang termasuk dalam Komisariat Wilayah IV, dengan Walikota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, SE, MM sebagai Ketuanya.

Program dan komponen utama kegiatan APEKSI ini adalah Pembangunan Berkelanjutan, Advokasi Kebijakan, Peningkatan Kapasitas, Kerjasama Daerah, Kelembagaan dan Kemitraan, Komunikasi dan Informasi serta Administrasi dan Keuangan.
Saat ditemui di ruangan kerjanya usai memimpin rapat persiapan pelaksanaan Raker APEKSI ini, Asisten 1 Setda Kota Kupang, Jefry E. Pelt, SH , menyatakan bahwa Pemerintah Kota Kupang sudah melakukan berbagai persiapan yang cukup matang untuk menyambut perhelatan ini.

“Kita harapkan nantinya kegiatan ini dapat berkesan bagi seluruh Kepala Daerah beserta rombongan yang berkunjung ke Kota Kasih”, ujar Jefry.

Beberapa rencana kegiatan dimulai dari penjemputan para tamu undangan di bandara yang mulai dilaksanakan sejak tanggal 20 Juni hingga berbagai tempat yang nantinya akan dikunjungi oleh para tamu sudah dipersiapkan dengan baik oleh panitia.

  • Bagikan