Gegara Surat Suara ‘Disulap’: Pilkades Bonibais Bakal Dibatalkan dan Panitia Terancam Pidana

  • Bagikan

Betun, Suara Flobamora.Com – Sim Salabim! Sebanyak 101 lembar surat suara tak terpakai di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tiba-tiba telah tercoblos dan masuk ke dalam kotak surat suara. Kejadian ini terjadi di Pilkades Desa Bonibais, Kecamatan Laenmanen, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT pada Jumat (09/12/2022). Trik ‘sulap’ yang diduga dilakukan oleh oknum-oknum Panitia Pilkades Bonibais mengakibatkan Pilkades tersebut bakal dibatalkan. Bahkan Panitia Pilkades terancam dipidana.

Informasi yang diperoleh media ini dari seorang tokoh mudah Desa Bonibais, Goris Mau mengatakan, kejadian aneh itu terungkap ketika panitia penyelenggara, dihadapan para calon dan saksi melakukan pencocokan jumlah surat suara yang ada di dalam kotak suara dengan daftar hadir pengguna surat suara.

Menurut Goris, situasi di Pilkades pun seketika menjadi riuh gegara adanya selisih antara surat suara yang terpakai dan jumlah peserta Pilkades yang hadir dan menggunakan hak suaranya.  “Setelah dihitung (dicocokan surat suara di dalam kotak, red) dengan daftar hadir, kok bisa ada selisih sampai 101 lembar,” ungkap Goris.

Baca Juga :  Rubah Wajah Kota Kupang, Ibu-Ibu Idolakan Walikota Jeriko

 

Kadis PMD Kabupaten Malaka, Agustinus Bahak, S.IP
  • Bagikan