Butuh Keseriusan Tangani DBD

Kupang, Suara Flobamora. Com– Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore menegaskan, sangat dibutuhkan keseriusan semua pihak untuk menangani wabah demam berdarah dengue (DBD) yang mana jumlah kasusnya terus meningkat.

Kasus DBD tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena langsung ada korban jiwa ketika kasus ini mencuat.

“Inilah yang membuat kita sedikit terkaget- kaget, sehingga dibutuhkan penanganan yang lebih serius,” kata Jefri pada rapat koordinasi lintas sektor terkait dalam rangka mengantisipasi peningkatan kasus DBD dan upaya penanggulangannya di Kupang, Selasa (3/3).

Ia meminta seluruh camat, lurah dan ketua RT/RW serta jajaran Forkopimda agar melakukan tindakan pencegahan wabah DBD bersama masyarakat di lingkungan masing-masing.

Ia menyatakan, Dinas Kesehatan akan membentuk tim reaksi cepat guna menangani setiap kasus kesehatan yang terjadi di lingkungan masyarakat. Setiap kelurahan dibentuk satu tim, sehingga langsung sigap ketika ada gejala munculnya kasus DBD.

“Dengan adanya tim terlatih, mereka langsung bertindak ketika ada tanda- tanda kasus DBD, sehingga tidak menunggu ada yang sakit atau kritis, barulah kita turun,” tandas Jefri.

Para camat dan lurah diimbau untuk selalu berkoordinasi dengan RT/RW bersama tim reaksi cepat yang ditempatkan. Sosialisasi kepada masyarakat untuk tindakan preventif sangat dibutuhkan. Tentunya tetap berkomunikasi dengan para medis yang akan menangani kasus DBD atau kasus lainnya.

“Kita harus berkomitmen agar tidak boleh ada lagi kasus DBD. Kalaupun ada, segera disampaikan agar mendapat penanganan dari dokter,” tandas Jefri.

Ketua Panitia Sri Wahyuningsih melaporkan, kegiatan rakor ini bertujuan untukmeenggalang komitmen  kebersamaan dalam memberantas DBD. Karena kasusnya terus mewabah dalam lingkungan masyarakat.//suara flobamora. com (***/gusto)