BPOM Sedang Uji Produk Sirup dan Investigasi Para Distributor

  • Bagikan

Kota Kupang, Suara Flobamora.Com – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) saat ini sedang melakukan pengujian akhir terhadap produk sirup (baik obat, suplemen kesehatan dan obat tradisional, red) dan melakukan investigasi terhadap para distributor di lapangan untuk memastikan produk obat dan suplemen kesehatan serta obat herbal diproduksi dan didistribusikan sesuai regulasi pemerintah untuk menjamin kesehatan masyarakat tau konsumen.

Hal ini disampaikan Kepala BPOM Kupang, Thamran Ismail, S.Si.,MP dalam sambutanya saat Pelatihan Cara Distribusi Obat Yang Baik (CDOB) di Kupang pada Sabtu (12/11/2022).

“Saat ini Balai POM sedang melakukan pengujian akhir terhadap semua produk sirup terutamanya, sehingga sekarang ini BPOM sedang banyak tugas dan pekerjaan. Ada petugas yang dilapangan melakukan investigasi lapangan terkait dengan distributor-distributor,”tandasnya.

Menurutnya, pengujian akhir terhadap obat maupun suplemen kesehatan dan obat tradisional serta investigasi terhadap para suplier dilakukan, karena belajar dari adanya kasus temuan indikasi adanya obat sirup yang mengandung zat Etilen Glikol (EG) dan DiEtilen Glikol (DEG) beberapa bulan lalu. Dan pihaknya menemukan, salah satu faktor penyebabnya yaitu karena masih terdapat kelemahan pada regulasi pemerintah.

Baca Juga :  Demokrat NTT Imbau Peserta Kongres Partai Lakukan Tes Covid-19

“Dengan kasus ini, kita masih terbuka, bahwa regulasi yang ada itu masih sedikit lemah. Jadi, saya sampaikan disini bahwa bukan Balai POMnya kecolongan dengan tidak melakukan pengawasan terhadap pendistribusian obat, tetapi bahwa secara regulasi baik secara nasional maupun internasional tidak mengatur hal tersebut,” tegasnya.

  • Bagikan